HOME CHART DATA ADV. CHART ADV. DATA CHART PATTERN STOCK PORTFOLIO DOWNLOAD FORUM  
AnalisaBursa.com >> Tutorial
  Share            Wed, 19-Jun-2019 15:41 (Jakarta Time)  
Stock Highlight   --   25-May-2016   --   Benakat Integra Tbk.(BIPI) 50 0.00%    --   
 

 
Username :
Password :
   
 
 
   
 
Member:   1391
Online Member:   23
News :   56
Tutorial :   11
Stocks :   529
Last Stock Data :   25-May-2016
 
TUTORIAL
 
 TUTORIAL
 

Date Created: 30-Jul-2010 06:03
Created By: Admin
Category: Introduction

MENGENAL BURSA SAHAM INDONESIA

Buat para pemula yang belum mengenal BURSA SAHAM atau ingin mencoba TRADING SAHAM sebaiknya banyak BELAJAR dahulu.  Bisa dari buku-buku saham ataupun dari teman-teman yang sudah berpengalaman di bursa saham. Apapun bentuk Investasi atau Bisnis yang akan kita lakukan sangat perlu untuk kita ketahui seluk beluknya untuk menghindari kerugian yang akan terjadi.


Bursa Saham adalah salah satu Investasi yang sangat beresiko. Kita bisa kehilangan seluruh uang kita tanpa kita sadari. Banyak sebab yang dapat menyebabkan kerugian kita.  Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang umum terjadi di Bursa Saham.

Know the Risk / Mengenal Resiko bermain Saham

  • No Risk No Gain / Tidak ada Resiko Tidak ada Profit

Setiap Traders harus tahu dan mengerti resiko yang dihadapi walau yang terberat sekalipun. Di Bursa saham anda bisa saja kehilangan seluruh uang anda. Semakin besar resiko semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan. Menjaga Resiko adalah yang terpenting dari semuanya. 
 

Know Your Self / Kenali diri Anda

  • Apakah anda seorang “Risk Taker” ?

Jika “Iya” fokuskan membeli saham pada saat market crash atau saham gorengan maka anda akan untung berlipat-lipat.  Jika “Tidak” hindari saham-saham beresiko. Sebaiknya hindari saham-saham gorengan karena lebih banyak kalahnya daripada menang kecuali anda seorang “Insider” atau sudah berpengalaman dengan saham gorengan.

  • Apakah anda seorang Trader atau Investor ?

Ada 2 pendekatan yang berbeda antara Trading dan Investasi. Investasi lebih mengarah kepada Fundamental Analysis berdasarkan Laporan Keuangan suatu perusahaan, Laporan Rugi Laba, Analyst Ratings, Kompetisi, Product Development, Market Share, Market Trends, Corporate Leadership dll.
Trading atau Trader lebih mengarah kepada Technical Analysis, Trend dan Money Management yang harus ditunjang dengan disiplin yang kuat.
 

Know the Stocks / Belajar Mengenal Saham

  • Kenali saham-saham Blue Chips, Lapis 2, Gorengan, Sektor Industry dll

Setelah kenal, cukup pilih 4-5 saham untuk tiap-tiap Sektor dan pelajari kebiasaan saham-saham tsb. Berapa harga terendah dan harga tertinggi dalam suatu periode ? Apa yang terjadi pada saat Bullish dan Bearish ? Bagaimana dengan volume transaksi ? Lebih baik mengenal dan fokus kepada beberapa saham secara detil daripada banyak saham tapi kosong.

Know the Habits / Mengenal Kebiasaan di Bursa

  • Kenali kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di Bursa.

Apa yang biasa terjadi pada saat awal tahun, tengah tahun , akhir tahun ?
 Saham Sektor apa yang biasanya naik di awal, akhir tahun ?
 Kapan Laporan Keuangan semester 1, 2 dan 3 biasa di laporkan dan apa akibatnya terhadap pergerakan Harga ?
 Apa yang biasa terjadi pada saat saham sebelum dan sesudah Right Issue ?
 Kapan dan berapa dividen yang akan didapatkan dari suatu saham ?
 Apa yang biasa terjadi pada saat akhir minggu (Jumat) ? 
 Apa yang biasa terjadi pada saat Market Bullish, Bearish, Rebound ? Sektor mana yang cenderung lebih dulu turun atau naik ?

Jika anda bukan seorang “Insider  Trading” yang selalu tahu kapan “Harga Naik” atau “Harga Turun” dan tidak dapat menjawab atau tidak mengerti semua hal diatas dan tidak memiliki suatu Trading System yang bisa membantu anda, maka sebaiknya anda tidak melakukan Trading atau Investasi di Bursa Saham. Anda akan kehilangan seluruh uang anda secara perlahan-lahan dan ITU PASTI TERJADI !!!!!
 




 

AnalisaBursa.com © 2010,2011,2012